INFO LOWONGAN KERJA TERBARU KLIK DISINI

Cara Mengarahkan Anak Bersikap Baik Pada Teman

Cara Mengarahkan Anak Bersikap Baik pada Teman Cara Mengarahkan Anak Bersikap Baik pada Teman
Jangan biarkan anak menjadi eksklusif yang tidak baik sebab akan membuatnya dijauhi teman-temannya.

Mengarahkan anak bersikap baik pada sahabat bukan perkara yang mudah. Ada banyak faktor yang mengakibatkan anak bersikap tidak baik pada teman. Salah satunya yaitu sebab kurangnya didikan orangtua terhadap anak. Sebagai orang tua, Anda tentunya harus mengarahkan anak biar bersikap baik pada teman-temannya. Jangan biarkan anak menjadi eksklusif yang tidak baik sebab akan membuatnya dijauhi teman-temannya.

Bagaimanakah cara mengarahkan anak bersikap baik pada teman-temannya? Lebih jelasnya simak uraian berikut:

Cara Mengarahkan Anak Bersikap Baik pada Teman


Mengajarkan anak biar bersikap baik kepada teman-temannya perlu dilatih sedini mungkin. Ada beberapa cara mengarahkan anak bersikap baik pada teman-temannya yang bisa Anda coba terapkan:

• Memberikan Contoh dan Teladan di Rumah


Anda harus memperlihatkan contoh dan teladan yang baik untuk anak di rumah. Jika Anda tidak bersikap baik, bagaimana anak bisa menjadi eksklusif yang baik. Mengajari anak bersikap baik bisa dilakukan dengan pola Anda sendiri.Kebiasaan bersikap yang baik akan menciptakan anak menerapkannya saat ia bertemu dengan teman-temannya. Jadi, tanpa perlu berkata-kata anak akan melihat sendiri bagaimanakah seharusnya ia bersikap.

• Tidak Menjadikan Lelucon Atas Setiap Sikap Kurang Baik Anak


Jangan pernah mengakibatkan materi banyolan atas setiap sikap kurang baik yang anak kerjakan. Hal ini sebab bisa menciptakan anak menjadi sulit untuk memahami arti dari sikap baik yang seharusnya dilakukannya. Apalagi bila anak masih kecil harus selalu diingatkan setiap perbuatannya yang salah secara lembut. Jangan malah membuatnya menjadi materi tertawaan sebab anak akan menganggap bahwa perbuatannya merupakan hal lucu.

• Mengajarkan Sikap Baik Lewat Cerita


Anak cenderung menyukai musik dan cerita. Anda bisa menentukan buku-buku dongeng atau dongeng yang memperlihatkan sikap baik untuk dibacakan kepada anak. Mereka nantinya akan mengenali huruf baik yang ada di dalam dongeng tersebut. Kemudian dongeng tersebut akan meresap ke dalam fikiran serta hatinya. Hal ini bisa membuatnya menjadi menerapkan sikap baik yang ada dalam dongeng tersebut ke dalam kehidupannya sehari-hari.

• Mengajari dengan Telaten dan Tidak Marah-Marah


Cara mengarahkan anak bersikap baik pada teman selanjutnya yaitu ajarkan anak bersikap baik dengan telaten, konsisten serta penuh kesabaran. Jangan mengajari anak untuk bersikap baik dengan marah-marah.Anda harus sabar menunggu perubahan anak biar bisa berperilaku baik sesuai dengan yang seharusnya ia lakukan.

• Jika Anak Bersikap Baik, Berikanlah Pujian Namun Tidak Berlebihan


Rasanya tidak adil bila anak tidak memperoleh sesuatu atas keberhasilan yang sudah dilakukannya sementara kesalahannya selalu diingatkan.Berikanlah kebanggaan bila anak sudah bisa bersikap baik. Namun, pastikan bahwa kebanggaan tersebut tidak berlebihan.

• Kenalkan Anak Nilai Moral dalam Agama


Agama merupakan pilar atau pondasi yang penting bagi seluruh manusia. Anda perlu mengenalkan anak nilai budbahasa dengan agama semenjak dini. Nilai-nilai budbahasa ini sangat penting untuk proses perkembangan kepribadian anak saat ia beranjak besar nanti.

• Menanamkan Anak Untuk Senantiasa Memilih Kata-kata yang Pantas


Anak-anak gampang menjiplak apa yang dilakukan oleh orang lain. Baik itu kata-kata maupun perilakunya. Tanamkan dalam diri anak untuk senantiasa menentukan kata-kata yang pantas saat berkomunikasi dengan teman-temannya. Selain penjelasan, Anda bisa memperlihatkan mereka peraturan. Misalnya bila anak memakai kata-kata tidak pantas, maka anak akan terkena denda dari uang saku mereka.

Mengarahkan anak bersikap baik pada sahabat memang sangat penting dilakukan oleh para orangtua. Beberapa cara di atas bisa Anda coba terapkan. Pastikan untuk memperlihatkan didikan kepada anak biar bersikap baik terhadap orang lain semenjak dini supaya ia menjadi terbiasa sampai kelak dewasa.

INFO LOWONGAN KERJA TERBARU KLIK DISINI

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel